> Alat -Alat :
1.obeng (+) besar dan Obeng (-) sedang2. obeng (-) besar
3. kunci ring 89 mm
4. kunci T (sok 17mm) (sok 24mm)
5. kunci tapet klep (L 'klep)
6. fuller
> Cara kerja :
1. Buka tutup klep atau bebaskan piston.
- langkah pertama adalah membuka kedua tutup klep in (aliran masuk) dan ex (aliran keluar)
- bila motor itu adalah motor varian bebek, umumnya menggunakan kunci ring 17mm & varian sport kunci ring 24mm
- kemudian posisikan klep pada posisi bebas atau posisikan piston di Titik Mati Atas (TMA). caranya bukalah tutup magnet pada blok mesin sebelah kiri dengan obeng (-) dan pada saat bersamaan putar poros engkol dengan arah berlawanan dengan gerak jarum jam.
2. lakukan penyetalan ukuran celah klep
- kendorkan baut setelan klep dengan menggunakan kunci ring yang sesuai.
- bila telah kendur, kemudian atur ukuran celah tersebut harus mengikuti standar pabrikan yang ada.
- ukuran celah aliran masuk 0,05mm. varian skuter matic celah aliran masuk 0,15mm dan celah aliran keluar 0,26mm
- ukuran motor sport celah 0,10mm
- namun sebelumnya, posisikan fuller gauge sesuai ukuran celah klep di ujung batang klep. setelah tepat, kemudian kencangkan baut setelan terasa kencang atau seret dan tidak goyang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar